Tuesday, May 18, 2010

Mulailah Tentukan Tujuan Anda

Steven Covey, dalam bukunya yang sangat berpengaruh mengatakan bahwa hidup orang sukses selalu dimulai dari menentukan tujuan ahir - Beginning with The End.
     
Peryataan ini sangat lah alamiah dan realistis, secara naluriah kita selalu melakukanya hampir setiap hari, karena setiap kita akan pergi keluar rumah kita pastilah yang pertama kali ditetapkan adalah tujuan kenama kita akan pergi, jika tujuan itu jauh dan penting, maka langkah selanjutnya adalah membuat tujuan itu menjadi lebih detail dan spesifik, seperti kita menuliskan alamatnya, setelah itu baru kita membuat rencana perjalanan, dimulai apakah kita akan menggunakan motor, mobil pribadi atau angkutan umum, semua di sesuaikan dengan kondisi terbaik untuk kita, kita juga biasa menentukan rute mana yang biasa kita gunakan supaya tidak macet, dan nyaman.    
Menentukan tujuah ahir Sukses Hidup kita dalam hal ini ibarat alamat yang hendak kita tuju, semakin jelas alamat tersebut maka semakin besar kesempatan kita untuk sampai ke sana, sedangkan motor, mobil pribadi atau pesawat adalah ibarat sekolah, kursus, atau pendidikan lain yang tepat yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, sememtara  rute yang kita gunakan adalah pemilihan jurusan pendidikan yang akan kita ambil, jadi kuncinya adalah kita mengantongi alamat terlebih dahulu baru kita berangkat menggunakan kendaraan.       
Begitu juga idealnya yang kita lakukan untuk menempuh sukses hidup kita, mulailah dengan menetapkan tujuan ahir dari sukses yang ingin kita raih, caranya dengan menanyakan pada diri kita bidang apa yang paling kita sukai, aktifitas apa yang paling menyenangkan kita, sampai pada pfofesi apa yang membuat bahagia yang ingin kita geluti nantinya, terlepas dari kemungkinan prakiraan aspek financial yang kurang menjanjikan.    
Konsep Multiple Intelligence memandang bahwa Kecukupan Financial bukanlah Tujuan, melainkan Efek dari profesi yang tepat dari keahlian terbaik yang dimiliki seorang anak.  Siapapun dengan profesi apapun apa bila dia menjadi orang yang terbaik di bidangnya maka secara otomatis akan mendapatkan efek finansial yang sangat baik bagi diri dan profesinya.  Jadi konsepsi Multiple Intelligence adalah membantu kita menemukan bidang yang sangat diminatinya serta mendukungnya untuk menjadi yang terbaik pada bidang tersebut.    
Oleh karena itu proses penggalian akan dimulai dengan mengetahui bidang - bidang apa yang menjadi minat terbesar  kita. Penemuan Minat terbesar ini merupakan titik kunci dan akan kita uji dengan bakat yang kita miliki, artinya apabila kita meminati suatu bidang, apakah kita juga cepat sekali menguasai bidang yang diminatinya tersebut.    Jika kedua hal tersebut saling melengkapi, maka itulah yang dimaksud sebagai potensi dasar kita yang siap di kembangkan untuk menjadi profesi. Baru setelah itu kita di Bantu oleh orang tua bisa menentukan langkah strategis, jalur pendidikan apakah yang paling cocok ditempuh untuk menjadikan kita yang terbaik dibidang tersebut. Bersambung ke bagian keenam Minat dan Bakat adalah Petunjuk Tuhan. 

No comments: